RSS

MAKNA GERAKAN SHOLAT

16 Jul

MAKNA GERAKAN SHOLAT

Ichsan

Aku baru saja membaca bukunya Toto Tasmara yang berjudul Spiritual Intelligent, ceritanya begini, waktu  sehabis sholat Jama’ah Dzuhur, biasa kami duduk-duduk menikmati waktu istirahat siang, dari jam 12 s/d 13, kebetulan waktu itu ada beberapa Mahasiswa yang menggelar buku-buku koleksi pribadi mereka, aku tertarik dengan bukunya  Toto Tasmara tersebut.

Aku buka dari halaman ke halaman ternyata menarik juga, salah satunya adalah mengenai makna gerakan Sholat, aku tulis dalam WP ini karena menurutku itu adalaah hal yang baru bagiku, kalau bagi orang lain semoga yang belum pernah tahu menjadi tahu, dan yang lebih tahu agar menjadi lebih tahu lagi.

Kalau sebelum membaca buku tesebut aku pernah dapat informasi bahwa, gerakan sholat adalah penyatuan antara “Gerak” dan “Doa”.

“Gerak” menunjukkan bahwa orang hidup harus bergerak, yang artinyo orang harus bekerja keras untuk memperkuat ibadah dan agar sejahtera di muka bumi.

“Do’a” menunjukkan bahwa dalam bekerja sehari-hari harus selalu mengingat Allah, serta kita diperintahkan untuk meminta kepada Allah, dengan cara berdo’a.

Kesimpulannya setiap orang harus mau bekerja dan beribadah kepada Allah, bila tidak maka orang tersebut akan rugi besar.

Namun menurut Toto Tasmara, ada sesuatu yang baru bagiku, yaitu bahwa : Sholat itu ada berdiri, ada rukuk dan ada sujud.

“Berdiri” bermakna bahwa setiap orang mengalami masa-masa jaya, masa-masa sehat dan gagah perkasa, maka gunakanlah untuk bekerja dan beribadah.

“Rukuk” bermakna bahwa setiap orang itu akan melewati masa-masa rapuh atau badan sudah bongkok tidak bisa berdiri tegak, maka beribadahlah sebelum keburu dipanggil oleh Allah.

“Sujud” bermakna ketidak berdayaan manusia, sehingga posisi sujud adalah posisi terendah manusia, sudah tak berdaya untuk sombong, maka sudah sepantasnya untuk lebih mendekat kepada Allah. 

Semoga sajian ini bermanfaat.

 

 

About these ads
 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 16, 2007 in ESQ

 

6 responses to “MAKNA GERAKAN SHOLAT

  1. ichsan231

    Januari 9, 2008 at 2:25 am

    Mas Budi Setyono Terimakasih masukannya salam kenal

     
  2. ichsan231

    Januari 21, 2008 at 2:53 am

    Haerul Sohib, makasih dah mau mampir ke blogku, semoga sholat kita di terima Allah

     
  3. yopi

    Februari 8, 2008 at 7:45 am

    mas, makasih infonya..

     
  4. Syarif

    Juni 8, 2008 at 3:24 am

    Assalamu alaikum,hai sohib.Mkna salat secara hakiki tau ga? Jgn lupa mampir ke wapsite q jg ya http://martapura.hexat.com

     
  5. farid

    Juli 11, 2008 at 8:18 am

    wah terimakasih sekali, banyak yang kudapat dari sini, mas bagus bagus, aku jadi termotivasi,..

     
  6. surya

    Maret 20, 2010 at 11:15 am

    ma kasih atas tulisan yg sodara tulis ini membuka pengetahuan aq tentang betapa bermaknanya gerakan sholat bagi kehidupan qt di dunya terlebih akhirat kelak semogah amal ibadah qt semua di terima di sisi Allah SWT. amin……

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: