RSS

23 Mar

KERUDGIAN MODERNITAS

Oleh ; Ichsanuddin

Daniel Goleman menjelaskan ungkapan Martin Seligman, ahli psikologi dari University of Pennsylvania, bahwa :”selama 30 atau 40 tahun terakhir ini, kita menyaksikan meningkatnya individualisme dan lenyapnya keyakinan yang lebih luas terhadap agama, serta terhadap dukungan masyarakat dan keluarga besar”.

Ini berarti hilangnya sumber yang dapat menopang anda dari kekalahan dan kegagalan. Sejauh anda melihat kegagalan sebagai sesuatu yang berlangsung terus dan yang anda perbesar hingga mewarnai apa saja dalam kehidupan anda, Anda menjadi lebih gampang membiarkan kekalahan sementara menjadi sumber keputus asaan abadi. Tetapi, seandainya anda mempunyai sudut pandang yang lebih luas, seperti keyakinan terhadap Tuhan dan hidup kekal, lalu anda kehilanagn pekerjaan, Anda hanya akan menganggapnya sebagai kekalahan sementara.”

Sebagai manusia jangan sampai kehilangan rasa manusiawinya, kita masih mempunyai, keluarga,  teman, dan tetangga. Mereka adalah orang-orang yang mampu mendorong kita untuk selalu maju, selalu mampu bangkit dari kekalahan, banyak orang masih memperhatikan kita, karena kritikan dari mereka itu berarti mereka mengajari kita hidup didunia nyata bukan didunia teori. Dan yang paling penting mereka mengkritik tanpa minta upah alias gratis. Betapa senangnya mereka pada kita.

Belajarlah menghormati orang lain, sebab pada zaman modern seperti saat ini nilai penghormatan antar sesama mulai absurd. Bukankah Rasulullah SAW. menganjurkan, ” Orang muda yang tidak menghormati orang tua, dan orang tua yang tidak mengasihi yang muda, adalah tidak termasuk golonganku.”

Semoga IQ kita cerdas dan ESQ kita juga cerdas.

  

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2007 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: