RSS

MENGHILANGKAN TRAUMA

23 Mar

KETAKUTAN YANG MELEKAT DALAM INGATAN 

Oleh : Ichsanuddin

Daniel Goleman, mengawali dengan sebuah episode yang memilukan:

Kencan Irene berakhir dengan usaha pemerkosaan. Meskipun Irene berhasil mengusir si penyerang, si penyerang terus mengganggunya, dengan telepon cabul, ancaman kekerasan, menelpon ditengah malam, menguntitnya, dan mengamati setiap langkahnya. Ketika Irene mencoba minta pertolongan polisi, mereka meremehkan masalahnya karena tak ada bukti. Pada saat Irene datang untuk terapi, ia kemudian menghentikan sama-sekali pergaulannya, dan merasa mejadi seorang tawanan dirumahnya sendiri, kasus Irene ini berasal dari Dr. Judith Lewis Herman, yang diceritakan ulang oleh D Goleman dalam buku Emotional Intelligent. 

Penelitian paling mendetail tentang perubahan-perubahan otak ini sedang dilakukan oleh National Center for Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Pasiennya sejumlah besar veteran perang vietnam.Korban-korban trauma yang dahsyat barangkali secara biologis tak akan pernah seperti sediakala,” kata Dr. Dennis Charney seorang psikiater dari Yale, kepada Daniel Goleman.Kata kuncinya adalah trauma tak dapat dikendalikan. Bila orang merasa ada hal yang dapat mereka lakukan dalam suatu keadaan bencana, ada kendali yang mereka kuasai, betapapun krecilnya, seacra emotional nasibnya akan jauh lebih baik, daripada orang-orang yang sama sekali tak berdaya. Unsur ketidak berdayaanlah yang membuat suatu peristiwa tertentu secara subyektif bersifat melumpuhkan, seperti dikatakan Dr. John Crystal Direktur pusat Laboratory of Clinical Psychopharmacology, kepada Daniel Goleman. Misalkan seseorang yang diserang dengan sebilah pisau tahu bagaimana cara membelanya dan bertindak, sementara orang lain dalam nasib yang sama berpikir, ” mati aku.” 

3 jalan sembuh dari trauma menurut, Dr Judith Lewis Herman, seorang psikiater Harvard yang karya menggemparkannya mengariskan langkah-langkah pemulihan dari trauma : 1.      Memulihkan kembali rasa aman. Menemukan cara-cara untuk menenangkan sirkuit –sirkuit emosi yang terlalu ketakutan dan teralu mudah terpicu. Langkah awal lainnya adalah menolog pasien memperoleh kembali semacam rasa kendali atas apa yang terjadi pada mereka, menepiskan secara langsung pelajaran ketidak berdayaan yang ditanamkan oleh trauma itu sendri.

2.      Mengingat detail-detail trauma dan brerduka atas kehilangan yang ditimbulkannya

3.      Menata ulang kehidupan agar normal kembali.

 


[1] Daniel Goleman, Emotional Intelligent

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2007 in Uncategorized

 

3 responses to “MENGHILANGKAN TRAUMA

  1. strategiforex

    Agustus 12, 2009 at 12:53 pm

    teknik menghilangkan traumanya kok gak ditulis sekalian ?

     
  2. TIWIE

    Oktober 30, 2009 at 6:02 am

    saya juga sudah memjalankan tips anda,tetapi hal yang sangat menyeramkan itu masih ada di benak saya,saya tidak henti hentinya nangis jika itu smua teringat.Adakah solusi laen????

     
  3. ichsan231

    Februari 10, 2010 at 4:06 am

    Tiwie yang baik, we are not alone, psrahkan pada Allah swt.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: