RSS

PENGALAMAN PERTAMA KENAL ESQ

02 Apr

PENGALAMAN PERTAMA MENGENAL ESQ

Oleh ; Ichsanuddin

        Pada tahun 2002, saya mengikuti sebuah diskusi ilmiah yang diadakan oleh IAIN Suka (sekarang UIN). Topik waktu itu sebetulnya adalah persoalan fiqih, yah fiqih terfokus mengenai persoalan rukun Islam yang lima macam, dalam benak saya sudah menduga sebelumnya bahwa pembahasan nanti paling hanya sekitar hukum sekitar rukun Islam.

Maaf ini bukan persoalan suka atau tidak suka pada fiqih, atau mungkin ada istilah tak kenal maka tak sayang, siapa yang merasa beragama Islam sudah seharusnya mengenal apa itu fiqih, karena bagaimanapun juga setiap amalan wajib harus berdasarkan fiqh Islam, apabila tidak faham fiqih maka kebenaran amalan ibadah rukun Islamnya diragukan kebenarannya. Tapi kenapa hati ini aneh, setiap terdengar kata fiqih seakan-akan terasa jenuh dan kurang semangat, apakah harus menyalahkan diri sendiri atas ketidak minatan saya ini, padahal dalam hati saya ingin memberontak, dan menginginkan sebuah fenomena keagamaan yang menggairahkan dan ingin dalam mengamalkan ajaran Allah dengan rasa bangga.

Salah seorang teman saya, memberikan masukan mengenai persoalan sholat, bahwa sholat itu sebaiknya bukan sekedar rutinitas sehari-hari yang yang tanpa arti namun kalau bisa sholat seseorang itu mampu membentuk sebuah karakter terhadap si pelaku sholat tersebut, atau kalau menurut bahasa Om Ary Ginanjar salah satu fungsi sholat adalah Caracter Building  (membentuk karakter).

Caracter Building atau membentuk karakter adalah bahwa sebisa mungkin sholat itu mampu membentuk karakter-karakter positif terhadap si pelaku sholat tersebut. Misal lebih ramah terhadap sesama, lebih rajin bekerja, lebih ulet dalam berbisnis, lebih rajin belajar, yah pokoknya lebih daraipada mereka yang tidak pernah melaksanakan sholat.

Setelah saya mendengar ulasan teman saya tersebut saya menjadi sangat tertarik, san sangat ingin mempelajari buku ESQ tersebut. Maka berubahlah rasa bosan saya terhadap fiqih menjadi rasa senang dan rasa bangga mempelajari fqh melalui ESQ.

Terima kasih Allah yang telah mengenalkan jalan menuju ridla-Mu melalui  ESQ,  terikasih teman, terima kasih Om Ary Ginanjar.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 2, 2007 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: