RSS

PENGARUH SHALAT TERHADAP KEPEMIMPINAN

03 Apr

PENGARUH SHALAT TERHADAP KEPEMIMPINAN

 

Oleh : Ichsanuddin/ email : ichsan231@yahoo.com

       Terimakasih Om Ary Ginanjar, setelah saya mengkaji uraian ilmu fiqih ala Om Ary, saya menjadi lebih bergairah untuk kembali menelaah kembali apa ilmu fiqih itu. Ilmu Fiqih adalah ilmu yang membahas persoalan-persoalan hukum peribadatan (ubudiyah) seorang manusia kepada Allah Sang Semesta Alam, baik itu antara Manusia dengan Allah fqh ibadah, Manusia dengan sesama manusia fqh Muamalah dan masih banyak lagi macam ilmu fqh itu seperti fiqh siyasah (Plitik), fqh jinayah (Hukum Pidana).

      Berbagai macam cabang ilmu fiqh tersebut, kesemuanya adalah dalam rangka mengatur peribadatan antara manusia terhadap Allah SWT.

       Bidikan Om Ary tentang ESQ, ternyata mampu menggugah motivasi peribadatan setiap orang, sehingga orang yang mempelajari dan mengamalkan ESQ tersebut menjadi lebih bersemangat ibadahnya kepada Allah.

       Sebagai contoh adalah Sholat, awalnya uraian sholat adalah biasa-biasa saja, namun setelah Om Ary meneropong Sholat dengan kacamata keenam rukun Iman, seketika sholat menjadi lebih hidup dan lebih bermakna. Saya tidak akan menuangkan keenam Rukun Iman, namun hanya salah satunya saja, yiatu Iman kepada para Rasul. Yang sangat menarik dari uraian Om Ary adalah kemampuan beliau untuk mengambil makna kepemipminan dari point Iman kepada para Nabi.

Kesimpulanya adalah bahwa shalat yang benar-benar sempurna adalah sholat yang mampu membentuk karakter kepemimpinan seseorang. Tauladan pemimpin yang paling baik adalah para Nabi Allah, bila kepingin menjadi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu meneladai kepemimpinan para Nabi Allah.

Demikian latihan penulisan kami smoga bermanfaat bagi kita semua,  no body is perfect and I hope a costructive criticism. 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 3, 2007 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: