RSS

PERUBAHAN

09 Apr

       PERUBAHAN

      PERUBAHAN

oleh : Ichsanuddin

Perubahan adalah sunnatullah. Sebagaimana kita tahu ada siang dan ada malam, ada hidup dan ada mati, ada siang ada malam, agar manusia tidak statis, perubahan adalah agar manusia mampu berbuat secara dinamis. Perubahan ada berbagai macam, perubahan perasaan, dari senang menjadai sedih dan sebaliknya, dari puas menjadi kecewa. Ada juga perubahan ekonomi, dari kekurangan menjadi serba kecukupan dan juga sebaliknya. Ada juga perubahan suasana alam dari panas menjadi dingin atau hujan. Sehingga setiap manusia harus mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan tersebut, susah senang, panas dan dingin serta sehat dan sakit adalah jatah dari Allah, tinggal bagaimana manusia memanfaatkannya untuk mendukung kehidupannya dan juga mendukung kedekatannya dengan Sang Pencipta yaitu Allah SWT.

       Bukan panas dan dingin yang harus menyesuaikan manusia. akan tetapi manusialah yang harus berusaha agar supaya tidak kepanasan dan tidak kedinginan. Bukan senang dan susah ynag harus menyesuaikan manusia namun manusialah yang harus mampu mengatasai agar tidak sedih dan tidak terlalu senang.

       Karya Kasali dalam buku  “Change“, beliau menjelaskan bahwa setiap perubahan sebenarnya adalah demi kebaikan manusia.

       Kesimpulannya adalah bahwa setiap manusia harus belajar dari berbagai macam perubahan yang terjadi, dan mampu mengambil peluang dalam setiap perubahan, perubahan adalah sunnatullah dalam rangka meningkatkan kwalitas keimanan seseorang agar lebih teruji dan lebih tangguh.

       Semoga renungan ini bermanfaat

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 9, 2007 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: