RSS

CINTAILAH ALLAH LEBIH DARI YANG LAIN

23 Apr

CINTAILAH ALLAH LEBIH DARI YANG LAIN

Oleh : Ichsanuddin

       Aku pernah mencantai seseorang, dan selama aku masih mencintainya, dia juga selalu mencurahkan cintanya kepadaku.

       Ketika itu aku masih berusia dua puluhan tahun, yang aku kedepankan adalah emosiku, egoku, pikiranku masih sempit, aku masih bodoh. Kenapa ? karena aku pikir, gadis yang aku cintai akan mencintai aku, sebesar cintaku kepadanya. Kenyataannya apa? tidak semua yang aku inginkan tergapai, tidak semua yang aku senangi akan datang begitu saja.

       Saat kecewa dan jatuh bangun seperti itu ternyata ada hikmah yang terpendam, yaitu bahwa ” di dunia ini, keinginan kita tidak selalu sesuai harapan kita, dan ternyata bukan keaadaan yang harus menyesuaikan kita, namun kitalah yang harus menyesuaikan keadaan”. B

       Begitu pula dengan cinta, kenapa aku harus mencintai seseorang yang tidak berdasarkan atas Ridla Allah? Kenapa aku mencintai seseorang hanya berdasarkan atas egoku saja? Kenapa aku tidak sadar bahwa Allah telah berfirman QS. Al-Hujarat 13, ” Bahwa sesungguhnya telah Aku ciptakan kalian semua dari jenis laki-laki dan perempuan, dan Aku jadikan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, UNTUK SALING MENGENAL…”

       Untuk saling mengenal, bukan untuk saling meng isolasi, dan saya pernah belajar filsafat pada Prof. Dr. Noeng Muhadjir, Dosen Filsafat Pasca UGM, dan aku ingat sampai sekarang, bahwa semakin mengisolasikan diri (tidak menerima kritik dan saran) itu merupakan pertanda kemunduran, dan semakin terbuka maka akan segera tercapai kemajuan-kemajuan.

       Aku ingat dengan Anand Krishna, yang sembuh dari penyakit Leukimia, karena lebih banyak mengasihi, yah mengasihi adalah lebih luas dari mencintai, mencintai suka mengharap imbalan, namun mengasihi adalah keihlasan.

        Ya Allah bimbinglah hambaMu yang lemah ini kejalan-Mu yang hakiki, ke jalanMu yang lurus, dan jauhkanlah dari godaan syaitan. Amien.

       Sekian sarapan pagi kali ini.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 23, 2007 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

 
