RSS

73. SANGKAN PARANING DUMADI

17 Feb

Ichsan

Urutan falsafah perjalanan hidup

dalam lagu jawa

Sejak lahir sampai mati:

1. Lahir atau Mijil. gamabaran kelahiran manusia berwatak cinta, prihatin. Cocok untuk memberikan pendidikan/ pengajaran, rasa cinta kasih.

2. Muda atau Sinom, masa muda lagu bersifat lincah, “ethes”, “canthas”. Cocok untuk melukiskan suasana kelincahan, berpidato, nasihat.

3. Mabuk cinta atau kasmaran atau Asmaradana lagu berwatak sedih, cinta asmara. Cocok untuk menggambarkan hal-hal yang mengandung kesedihan cinta asmara.

4. Pahit manis nya kehidupan atau Dhandhanggula berwatak luwes, menyenangkan. Sesuai untuk mengungkapkan segala hal/ keadaan.

5. Mendapat teman hidup atau Kinanthi lagu bersifat senang, cinta kasih. Cocok untuk memberikan pendidikan/ pengajaran, rasa cinta kasih.

6. Dinamika hidup penuh kepalsuan ibarat Maskumambang “nlangsa”, sedih, memilukan. Cocok untuk melukiskan perasaan sedih, memilukan hati.

7. Gambuh “sumanak, sumadulur”, kekeluargaan. Cocok untuk pengungkapan hal-hal yang bersifat keluargaan, nasihat, kependidikan yang mengandung kesungguhan hati.

8. Mungkur atau Pangkur, menjauhi godaan dunia lagu bersifat keras, bergairah (“kereng, nepsu”), cocok untuk memberikan nasihat yang keras, cinta berapi-api, cerita hal-hal yahng bersifat keras.

9. Durma berwatak keras, marah, bergairah. Cocok untuk mengungkapkan kemarahan, cerita perang, perasan jengkel.

10. Pisah dengan ruh atau mati atau Megatruh lagu bersifat sedih, prihatin, “getun”, menyesal. Cocok untuk cerita yang mengandung rasa penyesalan, prihati, sedih.

11. Pucung atau di pocong, saat orang telah meninggal dunia, hanya amal baik yang bisa diandalkan , sedang kekayaan dan pangkat akan ditinggalkan.


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 17, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: